Satelit Indonesia - Cara Edit Firmware Receiver Parabola

Cara Edit Firmware Receiver Parabola

Satelit Indonesia update bagaimana cara membuat firmware receiver parabola menyesuaikan dengan yang kita inginkan dengan keterbatasan oprek. Sebenarnya cara edit firmware receiver parabola tidaklah sulit namun sulit sekali, hanya saja banyak yang mengira itu mudah.

Cara edit firmware receiver parabola atau orang orang menyebutnya oprek adalah proses penggantian blok di firmware receiver. Jadi kalau ada orang yang berfikir oprek firmware adalah membuat firmware receiver sendiri itu salah. Oprek atau modifikasi firmware memang harus ada dulu firmwarenya kalau belum ada dan membuat firmware receiver sendiri itu pengembang atau developer.

Jadi opreker atau orang yang ngoprek firmware harus punya firmwarenya lebih dulu baru menyesuaikan dan membuat firmware receiver parabola bisa lebih sempurna sesuai keinginan pengguna. Tingkat edit firmware receiver parabola pun beragam, kadang opreker harus memutuskan untuk berhenti ngoprek karena ketahanan hardware juga diperhitungkan.

Contoh saja kita mau oprek driver dongle wifi, dari RT5370 ke MT7601. Kita harus nyari blok diver tersebut dan pencarian ini tidak mudah, karena di bagian LZMA demo, salah sedikit saja mode on. Mungkin ratusan atau ribuan kali mode on baru ketemu, coba di perhitungkan, kalau sampai kena chipset receiver malah dana yang dikeluarkan lebih banyak. Mending beli donglenya saja.

Masalah utama opreker adalah keterbatasan pengetahuan, waktu dan dana. Tiga hal penting itu sering pengguna lupakan, atau malah ada yang tidak tahu. Hal itu tercermin dari beberapa komentar di group satelit parabola, dan asiknya mereka hanya sekedar pengguna, jarang yang berani minimal memberikan sample receiver.

Sudah dikasih gratis, tidak perlu ngeluarin dana, tidak ada yang maksa untuk upgrade, bisa milih mau download atau tidak firmware tersebut, ingin diupgradekan atau tidak kereceiver, itukan semua pilihan pribadi tetapi mereka ini lebih memilih nyinyir dan maksa, kadang itulah hiburan opreker.

Untuk cara edit firmware receiver parabola dengan segala resiko yang akan diterima kalau berani upload ke group yang membahas tentang satelit maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dan hal hal ini adalah pengambangan dari posting yang dahulu.

  • Selalu punya backup firmware receiver yang akan di oprek.
  • Lengkapi software edit firmware, sesuaikan dengan kebutuhan,
  • Cari informasi mengenai firmware, loader dan berbagai editor sesuai dengan receiver yang akan dikerjakan. Biasanya ada di berbagai forum yang membahas tentang satelit, jadi biasakan kita browsing dengan berbagai bahasa.
  • Pastikan ide ada di otak kita, kita harus tahu keinginan kita mengubah apa. Ini sangat penting untuk menganalisa, mencari blok.
  • Cari informasi receiver yang seidentik, sebanyak mungkin. Dari sini kita cari firmware terbarunya buat perbandingan dengan firmware original receiver.
  • Jika sudah ketemu firmware yang sekiranya seidentik, dibandingkan dengan firmware original. Disini sangat penting harus extra sabar.
  • Pahami, perbedaan dan persamaan firmware tersebut, hal ini bisa juga untuk menentukan blok. Yang lebih enak kalau ada info NCRC, lebih gampang mengetahui bloknya.
  • Copy tiap blok tersebut, buat di analisa. Hal ini untuk menentukan, di kompres atau tidak. Cari informasi sebanyak banyaknya tentang file signature.
  • Analisa dan tentukan, misal blok tersebut di kompres, pakai jenis apa, LZMA, CramFS, SquashFS atau yang lain. Ini untuk menentukan langkah kita selanjutnya mencari decode encodenya yang sesuai.
  • Analisa lagi yang lain, bloknya berupa file atau hanya text, jika file di simpan dan cari informasinya. Hal ini untuk menetukan jenis file pengganti dengan data yang tepat.
  • Analisa lagi kalau hanya berupa text, di encrypt atau tidak. Kalau diketahui encypt cari cara bagaimana decryptnya, kalau memerlukan checksum, cari metode checksumnya.
  • Apabila sudah ketemu informasi tiap blok, tinggal edit pakai hex editor atau ngambil dari blok firmware lain yang seidentik.
  • Kalau merasa sudah sesuai tinggal mencoba di flashkan ke receiver. Kalau lancar bersyukur, kalau mode on mengulangi lagi analisa sampai ketemu.

Itu tadi garis besar bagaimana cara edit firmware receiver parabola, yang penting kita tidak heran kalau ada yang komen nyinyir, copaser dan segalanya. Karena kadang oprek memang mengharuskan copas, dari versi original receiver ke firmware lain atau sebaliknya. Di tambah lagi ada opreker hanya sebagai follower, tidak mau mencoba analisa sendiri mencari hal baru namun hanya ikut yang sudah ada.

Untuk yang mau memutuskan dan penasaran bagaimana cara edit firmware receiver ini, persiapkan mental, waktu, fikiran, dan dana. Hilangkan rasa takut, receiver bakal mati, karena itu memang resikonya. Pastikan minimal sudah bisa hard flash melalui port yang disediakan. Dan perbanyak koleksi receiver, firmware, alat flashing dan eprom.

Semakin banyak mencoba semakin tahu karakter tiap firmware dan ini memudahkan langkah kita dalam edit firmware. Tidak usah di hitung berapa kali mode on, hitung saja berapa receiver yang mati karena penasaran ingin mencoba cara edit firmware receiver parabola ini. Selamat bekerja.

Cara Edit Firmware Receiver Parabola Komentar

New Member

Sangat Terinsfirasi Om.
Terimakasih.
Saya Sekarang Sedang Panas Panasnya Belajar Obreker rx. Sering Gagal.
Saya Belajar Yg Lebih Mudah Dahulu yaitu Ganti bootlogo. tapi gatot Mulu.

01/06/18, 09.10
Bkja

cara mengedit ID perangkat lunak receiver GX6605s dan konfigurasi remot? penerima saya adalah coronet

01/06/18, 16.24
KHIZ HR

Min,,, minta sw Matrix lemon III HD PVR donk

02/06/18, 13.01
Bowo Ekowidodo

Ndak punya receivernya.

03/06/18, 11.19
Defrimon Alhaviqi

Malam admin, saya ada beberapa pertanyaan masalah firmware nih

1. apa kita bisa menambah codec audio atau video kedalam firmware original yang tidak support. receiver yang saya gunakan adalah Venus Inova HD keluaran 2012 Model : AX8000 display 4 digit Seven Segment (terlihat di Motherboard dan system info).

2. berhubungan dengan pertanyaan pertama, saat ini saya memakai firmware yg bukan firmware official Venus saya memakai firmware Receiver Solid 3000 S2 HD dgn Model sama : AX8000 (India). pertanyaan kenapa firmware dari india tidak support codec audio nya (contoh AAC) tapi official venus bisa ? padahal motherboardnya sama.

3. Bagaimana cara convert firmware dari format ABS ke BIN ?

4. saya pernah mencoba flash firmware ke receiver saya dengan firmware venus dapat dari internet "VENUS_INOVA_TUCXON_JUKE.bin" fungsi nya OK tpi ada masalah di digit Ribuan yang tidak tampil angka tapi "t dan b" saja. apakah masalah ini bisa di perbaiki ?

5. Kalau boleh tahu, software developer apakah yang dipakai untuk membuat firmware receiver?

terimah kasih sebelumnya.

12/09/18, 22.16
Bowo Ekowidodo

1. Bisa kalau tahu posisinya dan ngerti ngeditnya.
2. Tanyakan langsung ke pengembang firmeare Solid.
3. Ubah saja extensinya .abs ke .bin
4. Bisa saja, asal ngerti posisi dan kodenya
5. Klo itu tanya pengembang firmware.

15/09/18, 09.08
Bibiw

Min saya mau nanya. Klo sekarang kan ada sw k5s yg open semua acakan pvu. Nah saya punya kaonsat. Kaonsat dan k5s kan beda chipset rx. Kira kira klo di edit firmware nya yg k5s agar masuk d kaonsat kira kira bisa di edit ga. Kalau bisa bagian blok mana yang di ganti ??

16/01/19, 19.26
Bowo Ekowidodo

Mending beli baru daripada ngedit beda chipset.

17/01/19, 07.24
Bibiw

O gitu ya min. Tapi sebenarnya bisa d edit atau engga ??

19/01/19, 09.07
Bowo Ekowidodo

ya kalau mau edit silahkan saja..

19/01/19, 11.21
Bibiw

Saya mau nanya lagi min apakah setiap blok itu,di pisah dengan 000000 ya atau bukan

22/01/19, 09.27
Bowo Ekowidodo

Belum tentu, klo mepet ndak ada space ya langsung saja tanpa ada 0000000

22/01/19, 10.44
Bibiw

O gitu terus untuk tipe sunplus sudah saya cari boot logo hex ff d8 ff e1/e0 ga ada ya. Selain kode itu apa ada kode lain min untuk boot logo. Saya jg coba membuat softcam pakai teks biasa kalau untuk yg sejenis matrix bisa pakai teks. Tpi yg chipset sunplus ga bisa ya?

25/01/19, 19.08
Bowo Ekowidodo

Sunplus ada di dalam LZMA. itupun juga harus ngerti tentang checksum :D

30/01/19, 07.18
Bibiw

Tanya lagi min saya ubah bootlogo yg di sunplus dg kb yg sama photo langsung dari hp format jpeg ko malah jadi mode on ya. Apa harus d edit photoshop dulu. Kalau pakai photoshop cs6 hasilnya jadi beda ya dgn yg bawaan rx saat d lihat dg hex edit. Kira kira yg biasa d pakai untuk rx photoshop yg mana ya ?? Terus satu lagi mengenai cheksum apa file 1 blok lzma yg sebelum di edit dan sesudah hasil cheksumnya sama walaupun file d dalamnya sudah di ubah

27/02/19, 00.17
Bowo Ekowidodo

Chesksum jelas beda, 1 byte saja beda checksum beda kok.

27/02/19, 10.32
Unknown

mau belajar oprek juga , apa saja yang diperlikan guru

25/07/19, 19.59
KinGSol

min mau tanya nih, saya ada receiver matrix apple 111 dgn IC memori GD25Q64B, misal di ganti ke GD25Q32B bisa tidak ya...mohon solusinya
jikalau ada FW yang 64B bagi dong min.
saya mau coba flash ulang Fw nya tapi tidak ketemu Fw nya

21/07/20, 11.47
Bowo Ekowidodo

Kalau firmwarenya 4MB bisa saja, kalau 8MB ya ndak muat.

10/08/20, 06.58
Jeffry

Udah ada blom y SW receiver lombok V4 fix videocon seperti di burger s2 kalu ada minta dong SW nya ? Makasih.

03/09/20, 19.40
doni_lfc

min, saya ada garuda mpeg4 sd tp error tidak ada tampilan di layar tv meski posisi hidup normal, mungkin masalah firmwarenya. sulit sekali mendapat firmware original matrix garuda mpeg4 sd, pertanyaanya bisakan matrix mpeg4 sd yg normal, firmwarenya kita copy untuk keperluan flash matrix garuda sd yg error tadi? pake tool as programer bisa?

12/09/20, 15.36
Bowo Ekowidodo

Jeffry, tidak lock jadi ndak bisa nyoba.

Doni_lfc, mending ganti receiver saja.

14/09/20, 06.32