Satelit Indonesia - Struktur Skin Theme Receiver Parabola Guoxin GX6605S

Struktur Skin Theme Receiver Parabola Guoxin GX6605S

Satelit Indonesia update bagaimana struktur skin atau theme receiver yang memakai chipset Guoxin GX6605S dan beredar di Indonesia. Kita fokuskan di Indonesia karena memang ada beberapa receiver dengan chipset Guoxin GX6605S tidak memakai struktur yang sama namun untuk receiver berchipset Guoxin GX6605S di Indonesia belum pernah Satelit Indonesia temukan struktur yang berbeda.

Pembahasan struktur skin receiver guoxin GX6605S ini melanjutkan posting sebelumnya tentang cara merubah tampilan receiver parabola. Kita belum menuju teknisnya namun lebih ke pengetahuan dasar, agar mengerti apa saja yang bisa dilakukan selanjutnya untuk yang pingin oprek tampilan receiver termasuk tampilan menu decoder parabolanya.

Struktur Skin Theme Receiver Parabola Guoxin GX6605S

Sama seperti receiver linux Enigma 2 dan sejenis, theme atau skin receiver Guoxin GX6605S ini juga memerlukan file default. Jika receiver linux Enigma 2 menggunakan skin.xml untuk receiver Guoxin GX6605S menggunakan theme.xml. Untuk mengetahui struktur theme receiver Guoxin GX6605S ini silahkan baca beberapa bagian yang Satelit Indonesia utamakan.

Keymap

Bagian ini memuat config remote. File keymap biasanya bernama keymap.xml. File ini bisa di ganti dengan mudah, bisa diedit data di dalamnya atau yang paling mudah ambil dari receiver bawaan sesuai remote, tinggal ganti saja kalau memang membutuhkan penggunaan remote, menyesuaikan dengan remote receiver yang dipunya

Widget

Bagian widget untuk pengaturan OSD receiver. Biasanya widget ini bernama widget.xml, didalamnya ada beberapa pengaturan dan class untuk mendeskripsikan file file widget xml, dan kumpulan beberapa widget ini dimasukkan dalam folder widget

Style

Nama file yang digunakan style.xml. Di dalamnya untuk mengatur tampilan umum, berbeda dengan widget yang lebih di khususkan untuk bagian tertentu. Di bagian ini biasanya untuk pengaturan notifikasi seperti icon USB, wifi, dan lain lain

Bahasa

Tipe file masih sama yaitu file xml dengan nama i18n.xml. Disini berisi beberapa data untuk deklarasi macam bahasa yang di support. Macam bahasa yang digunakan menyesuaikan dengan kebutuhan sistem. File bahasa masih sama tipe xml dan dikumpulkan dalam folder language

Image

Tipe file yang digunakan xml dengan nama file image.xml. File ini memuat deklarasi image yang digunakan dalam widget. Jadi dengan file ini bisa menyingkat penulisan alamat image dalam theme. File image ini dikumpulkan dalam folder image, dan untuk mempermudah pembacaan bisa di kumpulkan dalam sub folder target.

Font

Tipe file yang digunakan masih XML dengan nama file font.xml. Dalam file font ini memuat deklarasi jenis font dan ukuran text. Semua jenis font biasanya di tampung dalam folder font.

Color

Tipe file yang digunakan juga XML, dengan nama color.xml. Dalam file ini memuat style pewarnaan text, osd, gui dan lain lain. Dengan file ini kita bisa tertolong mewarnai semua text dengan cepat, walaupun memang dalam widget bisa diatur warnanya.

Itu tadi beberapa komponen atau struktur dasar dalam theme receiver parabola Guoxin GX6605S. Biasanya masih ada beberapa file lagi seperti softcam, panel, properti, default, citylist, default db dan lain lain menyesuaikan kebutuhan sistem firmware. Untuk langkah selanjutnya akan kita bahas tentang pembuatan skin Receiver Parabola Guoxin GX6605S ini, silahkan tunggu saja.

Struktur Skin Theme Receiver Parabola Guoxin GX6605S Komentar

Dwi Wiyanto

Asyik.. Tinggal nunggu artikel selanjutnya..

03/10/18 20.46
Bowo Ekowidodo

Bukannya sudah bisa edit sendiri? :O

04/10/18 05.10
Dwi Wiyanto

Udah bisa sih, min.. Cuman siapa tau dikasih tutor buat benerin led displaynya..wkwkwkwk

04/10/18 10.12
Bernadus Hardiyanto

Bagaimanapun juga...enak nunggu upload'an....

05/10/18 03.58
Bowo Ekowidodo

Dwi Wiyanto, klo itu cari sendiri

Bernadus Hardiyanto, apa masih kurang nunggu bertahun tahun

06/10/18 05.38
be doan ngoc be

Saya perlu perangkat lunak untuk memperbaikinya sendiri

16/10/18 22.40