Satelit Indonesia - Cara Membuat Boot Logo di Receiver Chipset Sun Plus

Cara Membuat Boot Logo di Receiver Chipset Sun Plus

Satelit Indonesia update bagaimana cara buat boot logo di receiver yang memakai chipset sun plus. Kali ini kita akan meneruskan tutorial bagaimana cara mengganti boot logo receiver chipset sun plus. Untuk yang ingin mencoba cara buat boot logo di receiver sun plus ini di sarankan untuk membaca lebih dulu bahasan kita beberapa waktu lalu tentang cara mengganti boot logo receiver sun plus disini .

Sebenarnya cara mengganti boot logo receiver yang memakai chipset sun plus bukanlah perkara sulit namun memang sangat sulit bagi yang tidak memahami tentang hexa. Keterbatasan lain bagi yang sudah memiliki dasar dasar tentang hexa adalah tidak memiliki receivernya untuk mencoba. Jadi bisa dimaklumi untuk cara mengganti boot logo receiver sun plus belum banyak yang bisa karena memang tidak semudah montage, ALI ataupun GuoXin yang pernah kita bahas.

Bagaimana Cara Membuat Boot Logo di Receiver Chipset Sun Plus

Untuk itu sedikit metode sederhana tapi rumit akan Satelit Indonesia tuliskan agar makin banyak yang bisa mengganti boot logo receiver sun plus sesuai kreasi masing masing. Walaupun nanti efeknya security pasti akan ditingkatkan apabila pabrikan tidak berkenan. Karena hal itulah tutorial ini bisa di jadikan sebagai penambah pengalaman dalam oprek firmware receiver. Langsung saja kita lanjutkan cara ganti boot logo receiver parabola sun plus.

  • Setelah semua tools di persiapkan. Silahkan buka aplikasi Sunplus Info Tool
  • Klik menu Open dan browse file firmware yang akan diganti boot logonya.
  • Perhatikan bagian frame SPHE, lihat daftar LMA dan LMA_SISE. Biasanya boot logo ada di bagian awal block LZMA. Misalnya didapatkan 00081000 , 00AFDEE
  • Buka Hex Editor, dan buka file firmware yang dibuka dengan sun plus info tersebut.
  • Cari posisi yang didapat yaitu 81000 dan pilih sejauh AFDEE
  • Copy data hexa yang dipilih dan buat file baru, simpan dengan nama misalnya boot. bin
  • Tutup file boot. bin, dan unpack file dengan LZMA atau bisa juga pakai 7zip
  • Buka file hasil extrack dengan hex editor. Cari file boot yang biasanya JPEG.
  • Untuk mempermudah gunakan file signature misalnya untuk JPEG adalah diawali FF D8 FF E0 atau FF D8 FF E1 diakhiri FFD9
  • Pilih kode hexa yang sesuai file signature tersebut. Perhatikan dengan benar, harus jeli memisahkan antar block file karena bisa saja FFD9 banyak di temukan dalam 1 file. Cara bodohnya untuk memastikan adalah dengan membuat file JPG dan dilihat bahwa gambarnya tidak cacat. Kalau masih cacat kemungkinan besar salah memilih kode hexa.
  • Jika sudah dapat file boot logonya, cek seperti resolusi dan ukuran filenya. Tinggal buat file jpg yang sama dengan ukuran file lebih rendah. atau sama.
  • Tinggal buka file yang akan digunakan untuk mengganti dengan Hex Editor dan gantikan kode hexa di file yang akan diganti. Jika ukuran lebih kecil tambahkan kode 00.
  • Jika sudah tutup file yang diedit dan lakukan repack dengan LZMA. Yang perlu diperhatikan pastikan versi LZMA sesuai dengan firmwarenya, karena belum tentu sama versi LZMA yang digunakan.
  • Pastikan hasil repack tidak melebihi ukuran map. Bisa dilihat dari selisih bagian LMA ke 2 dengan LMA 1. Misalnya 131000 - 81000 = B 0000 . Jadi hasil repack jangan sampai melebihi B 0000. Kalau memang kurang dari B 0000 tambahkan FF sampai mencari B 0000 itu.
  • Copy dan pastekan ke firmware yang sudah di buka dari 81000 ke 131000
  • Jika sudah, pastikan ukuran firmware tidak berubah dan simpan.

Sampai disini kita sudah mencoba bagaimana cara mengganti boot logo receiver parabola sun plus. Selanjutnya kalau memang bisa hard flash silahkan di coba saja file firmware hasil edit tersebut. Kalau sukses terganti dan receiver normal berarti edit boot logo receiver sun plus sukses namun memang belum sepenuhnya. Hal ini karena acanya checksum CRC di firmware. Untuk bahasan tersebut silahkan ikuti tutorial cara mengganti boot logo receiver selanjutnya. Bersambung.

Cara Membuat Boot Logo di Receiver Chipset Sun Plus Komentar

Tech Helper

Sir I change logo but not install 1506g file in reciver show error (No Match File) please help me I really love you.

03/08/19 01.16
Tech Helper

Saudara saya mengubah logo 1506 untuk bekerja dengan semua yang Anda berikan tetapi file itu tidak menginstal saya mengikuti semua langkah yang Anda sebutkan tetapi tidak menginstal. Tidak Ada File Kesalahan: Bantu saya saudara. Saya telah belajar dari Anda apa yang telah saya pelajari dan saya tidak memahaminya pada akhirnya

03/08/19 11.03
Bowo Ekowidodo

Silahkan di coba flash dengan RS232, kalau masih error ( mata merah ) berarti proses repack salah. Salah memilih file LZMA.

06/08/19 06.05
Tech Helper

Bro please send me your lzma software

06/08/19 11.44
SalmanRepairing

bro make your file sunplus please write name in salman repairing and 03466312232 please make a 4mb file

06/08/19 13.24
Tech Helper

Dude This File Is Not Installin 1506G I Edit Same To Same Your Guide Instructions.

06/08/19 22.03
Bowo Ekowidodo

Tech Helper, open link othe tutorial

SalmanRepairing, 4, 8, 16 same process

07/08/19 06.38