Satelit Indonesia - Cara Flash IC Eeprom SPI dengan USB Programmer CH341A

Satelit Indonesia update cara menggunakan USB Programmer CH341A untuk flashing chip 25 SPI flash dan 24 EEPROM. Belakangan ada perubahan besar di dunia persatelitan termasuk di Indonesia. Sekarang pengguna receiver dipaksa aktif untuk oprek receiver satelit parabola nya supaya bisa mengikuti perkembangan.

Memang sebagian pengguna receiver satelit parabola besar tidak mengalami masalah, tapi karena kemampuan memahami sesuatu dan alat berbeda antar orang maka sering terjadi sesuatu yang tak diinginkan seperti receiver mati suri, boot loop, mode on, dan lain lain. Hal itu sering terjadi jika ada update firmware terbaru.

Beberapa hal yang membuat receiver satelit parabola mati suri, boot looop, mode on itu lebih pada kesalahan upgrade firmware ke receiver. Contoh saja, salah firmware, pas upgrade listrik mati, hardware penyimpanan firmware kurang bagus, firmware corupt dan sebagainya.

Kebanyakan receiver satelit parabola menggunakan chip SPI flash untuk menyimpan firmware. Untuk itu kali ini kita fokuskan pada cara flashing chip SPI flash di receiver parabola. Untuk yang receivernya mati suri, boot loo, mode on dimana factory reset atau USB reset tidak bekerja, cara ini kemungkinan sangat manjur walau ada juga flashing lewat RS232, TTL, UART dan lain lain. Namun kita disini fokus ke SPI flash nya, untuk yang lain akan Satelit Indonesia bahas di lain posting.

Cara Flash IC Eeprom SPI dengan USB Programmer CH341A Series

Sebelum ke cara flash chip SPI Flash receiver satelit parabola, ada beberapa hal yang mesti kita persiapkan, dan ini wajib. Kalau belum punya silahkan mencari atau beli kalau sudah lengkap baru mencoba. Untuk yang sudah lengkap silahkan lanjut ke percobaan flashing SPI flash receiver satelit parabola. Beberapa hal tersebut antara lain

  1. USB Programmer CH341A EEPROM SPI Flash, kalau belum punya silahkan beli USB Programmer tersebut.
  2. Pinboard sesuai kebutuhan, biasanya bawaan USB Programmer CH341A saat beli namun kadang tidak ada, tanya dulu kepenjual.
  3. CH341A Programmer Software, kalau belum punya silahkan download disini
  4. Komputer, tidak perlu spek tinggi malah disarankan komputer jadul dengan OS win 7 kebawah.
  5. Chip SPI Flash yang disupport

Hal yang harus anda lakukan adalah install driver USB programmernya, di dalam file CH341A Programmer Software sudah ada 3 tipe driver, tinggal extrack dan pilih sesuai yang dibutuhkan. Kalau memang tidak cocok silahkan pakai easy driver saja, scan dan download driver kemudian install, jangan lupa di colokin dulu USB Programmer CH341A ke port USB komputer. Untuk koneksi Chip EEPROM SPI Flash bisa pakai jepit atau angkat dan dikoneksikan ( disolder ) ke pinboard. Kita anggap semua sudah siap langsung ke software untuk flashing.

  1. Buka folder CH341A Programmer Software hasil extrack file zip yang kita download, dan buka aplikasi CH341A_C.EXE
  2. Akan terbuka software CH341A Programmer, perhatikan dibagian bawah pojok status device harus Connected
  3. Selanjutnya deteksi EEProm / SPI Flash, klik tombol Detect. Jika memang benar akan muncul beberapa property manufacture, name, size dan lain lain. Jika error berarti Chip belum terkoneksi dengan benar atau rusak.
  4. Selanjutnya kita lakukan penghapusan data di Chip, klik menu Erase, dan tunggu proses hingga 100%
  5. Jika proses penghapusan benar maka akan ada pesan Chip erasing completed, please check is empty
  6. Kita berlanjut untuk mengkosongkan Chip, klik menu Blank dan tunggu proses sampai 100%
  7. Jika proses blank chip selesai maka akan tampil pesan Chip Main Memory are blank!
  8. Selanjutnya buka firmware yang akan di flashkan dengan klik menu Open, browse file, jika sudah terpilih klik tombol Open
  9. Hasilnya kita bisa melihat data firmware yang dibuka, pastikan itu benar sesuai dengan chip receiver yang akan kita flash.
  10. Jika sudah benar saatnya penulisan data, klik menu Write, tunggu proses sampai 100%
  11. Jika proses sudah 100% sebenarnya anda bias melihat hasil dengan klik tombol Read, namun bisa juga tidak kita lakukan.
  12. Saatnya cek apa yang ditulis sudah sama dengan data firmware yang diinginkan dalam chip, klik menu Verify, tunggu proses sampai 100%
  13. Jika memang benar dan sesuai maka aka nada pesan Chip Main Memory and buffer same. Kalau ada error kemungkinan ada yang salah dengan proses koneksi chip, terutama yang pakai penjepit, chip rusak.

Sampai disini anda sudah sukses flashing chip, selanjutnya pasang kereceiver parabola kalau memang diangkat, atau lepas penjepit jika hanya dijepit. Pasang semua kabel yang sebelumnya dilepas. Dan silahkan dicoba, kalau bisa berjalan normal berarti proses selesai, kalau tidak bisa dan menyerah, silahkan beli receiver yang baru saja :p.

Untuk yang butuh tutorial bergambar lengkap cara flasing Chip SPI Flash menggunakan USB Programmer CH341A silahkan download disini

Cara Flash IC Eeprom SPI dengan USB Programmer CH341A Komentar