Satelit Indonesia - Format Penulisan Biss Key di Matrix Sinema HD

Format Penulisan Biss Key di Matrix Sinema HD

Satelit Indonesia update format penulisan biss key di receiver satelit parabola Matrix Sinema HD. Sebenarnya untuk biss key di Matrix Sinema HD tidak berbeda jauh dengan receiver lain, namun memang ada sedikit perbedaannya.

Biss key adalah salah satu key yang penting, karena banyak channel yang diacak dengan jenis acakan biss seperti pada channel yang ada di Thaicom 5/6. Sebagain besar channel tersebut diacak biss, jika memasukan manual dari remote bisa pegal dimana ratusan channel diacak biss dikali 16 digit, bisa berapa kali tekan tombol remotenya.

Bisa dibilang untuk memasukan biss key buat channel permanen adalah pekerjaan yang agak ribet jika dilakukan manual satu demi satu. Oleh karena itu, kita harus memanfaatkan fitur import sofcam key di receiver Matrix Sinema ini. Untuk syntax biss key di Matrix Sinema HD menggunakan softcam key adalah sebagai berikut

Format Penulisan Biss Key di Matrix Sinema HD
  1. Q SID Freq Longitude Index CW ; [Komentar]
  1. Q : Selector untuk biss
  2. SID : SID channel
  3. Freq : Frekuensi channel
  4. Longitude: String derajat satelit, bukan angka.
  5. Index : Index key
  6. CW : biss key channel
  7. Komentar : Komentar key, bisa di tulis bisa tidak

Untuk penulisan derajat satelit harus menggunakan huruf E atau W dengan format angka 1 koma dibelakang. Jadi kalau mau menulis biss key untuk palapa D, derajatnya 113 E maka untuk penulisannya 113.0E. Untuk contoh format penulisan biss key di Matrix Sinema HD adalah sebagai berikut

  1. Q 0003 3971 108.2E 00 A3B2C116D6E5F4AF ;

Sayangnya Satelit Indonesia belum menemukan format penulisan 1 key untuk 1 transponder. Mungkin bagi pengguna Matrix Sinema HD ada yang tahu bagaimana format penulisan biss key untuk 1 transponder yang memiliki key yang sama sehingga tidak perlu di tulis per SID, kalau ada yang tahu silahkan berbagi.

Format Penulisan Biss Key di Matrix Sinema HD Komentar