Satelit Indonesia - Cara Memperbaiki Receiver Matrix Sinema Mati Suri

Cara Memperbaiki Receiver Matrix Sinema Mati Suri

Satelit Indonesia update cara memperbaiki receiver matrix yang mati suri akibat kerusakan pada firmware. Kita ketahui receiver mati suri bisa karena hardware yang rusak atau tidak berjalan normal bisa juga karena firmware rusak, entah karena salah upgrade, kejutan listrik tiba tiba sehingga mengganggu software hingga menyebabkan corrupt.

Setiap orang memiliki cara sendiri dalam memperbaiki receiver mati suri, begitu juga dalam memperbaiki receiver parabola Matrix Sinema yang mati suri, Satelit Indonesia yakin setiap orang ada perbedaan namun tujuannya tetap sama yaitu receiver bisa dipakai lagi.

Cara Memperbaiki Receiver Matrix Sinema Mati Suri

Kerusakan receiver mati suri kebanyakan karena salah upgrade firmware sehingga receiver satelit parabola tidak berjalan semestinya, dan ini sering dialami oleh pemula. Entah salah firmware, firmware benar namun corrupt karena saat download masih kurang dan sebagainya.

Disini satelit Indonesia akan memberikan salah satu cara memperbaiki receiver matrix sinema yang rusak karena firmware error. Bisa receiver boot loop, mode on atau mati suri jadi memang bukan kesalahan hardware. Untuk kali ini kita memanfaatkan USB programmer untuk menyembuhkan receiver matrix sinema yang mati suri. Kita langsung saja kecaranya.

  1. Buka casing Matrix Sinema, ada 4 skrup disamping. Dengan membuka receiver berarti garansi hilang, kalau memang masih dalam masa garansi.
  2. Perhatikan boardnya dan cari chip IC 8 kaki, letaknya agak ditengah, dekat board display depan.
  3. Kali ini kita tidak melepas chip SPI dari board namun langsung di flash. Metode ini bisa lebih mudah dengan menjepit. Namun kita tidak menjepit tapi solder langsung ke kaki chip SPInya.
  4. Cari kabel kecil namun kuat dan memiliki 8 jalur.
  5. Solder tiap kaki IC SPI sehingga 8 jalur terhubung dan pastikan tidak ada yang konslet. Disini diperlukan kemampuan menyolder dan konsentrasi karena memang jaraknya rapat. Kalau tidak terbiasa bisa nyambung antar kaki. Gunakan tenol sedikit mungkin yang penting bisa menempel kuat.
  6. Perhatikan tiap kabel jangan sampai terbalik untuk kakinya, untuk kaki 1 biasanya ada tanda tertentu dan hubungkan ke pinboard USB Programmer.
  7. Jika semua sudah siap lakukan flashing seperti biasa. Untuk yang belum mengerti tentang cara flashing nya silahkan simak tutorialnya disini

Sampai disini, jika memang anda sukses maka receiver Matrix Sinema akan bisa digunakan lagi, namun kalau masih error, segera beli yang baru daripada pusing. Selamat bekerja.

Cara Memperbaiki Receiver Matrix Sinema Mati Suri Komentar

Bernadus Hardiyanto

Lma" kbel-nya habis Om Mimin..

22/03/17 22.48
Bowo Ekowidodo Sragen

Emang dimakan kok habis :O

23/03/17 05.39
Bernadus Hardiyanto

Lha resolder trus...ad 100 rx ya kbel e ndledek...

29/03/17 04.59
Bowo Ekowidodo Sragen

kalau ada 100rx itu sudah sekelas teknisi mestinya pakai blower solder uap .. kok dibikin repot.

12/05/17 08.13
Taslim allink

Klo pake usb to ttl bisa gak?klo bisa caranya?

10/11/17 12.36
Bowo Ekowidodo Sragen

Tidak, tapi pakai Rs232

13/11/17 11.51