Satelit Indonesia - Cara Tracking Untuk Mencari Satelit Belintersat 1

Cara Tracking Untuk Mencari Satelit Belintersat 1

Satelit Indonesia update cara mencari satelit Belintersat 1 dengan mudah untuk pemula. Satelit Belintersat 1 merupakan satelit milik pemerintah Belarusian dimana pembuatannya dibangun oleh China Aerospace Science and Technology Corporation, dan sebelumnya juga Satelit Indonesia pernah mengulas peluncuran satelit Belintersat 1 tersebut di tahun 2016.

Belakangan satelit Belintersat 1, menjadi incaran para tracker parabola di Indonesia. Hanya saja memang sebagian masih merasa kesulitan karena lokasi yang tidak memungkinkan. Bisa dimaklumi karena satelit Belintersat 1 ini menempati titik orbit di 51.5 E

Cara Tracking Untuk Mencari Satelit Belintersat 1

Beberapa hari ini memang Belintersat 1 jadi omongan karena ada beberapa channel yang sebagian orang merasa channel channel tersebut adalah untuk hiburan , walaupun tidak sedikit pula yang menganggap biasa, tapi tidak sedikit pula yang kecewa karena tidak bisa mendapatkan Belintersat 1 karena lokasi yang terhalang.

Satelit Belintersat 1 yang diposisi 51. 5E memang agak sulit dicari kalau dari Indonesia karena posisinya memang terlalu kebarat. Untuk yang masih penasaran bagaimana mendapatkan satelit Belintersat 1 silahkan ikuti langkah langkah berikut.

  1. Satelit Belintersat 1 berpolarisasi L/R jadi butuh sekat agar maksimal, karena kebanyakan LNB di Indonesia berpolarisasi V/H
  2. Pastikan tidak ada halangan apapun untuk arah barat, sampai mendatar di tepi dish bawah. Ini yang penting, pastikan dengan benar agar tidak sia sia pekerjaan untuk mendapatkan satelit Belintersat 1 tersebut.
  3. Nyalakan receiver yang untuk tracking, dan masukkan transponder terkuat satelit Belintersat 1, misalnya 3855 V 5625 C-Band. Di isi polarisasi Vertikal karena memang kebanyakan receiver di Indonesia hanya V dan H. Kalau pemasangan sekat belah jarum kecil. Untuk memasukan transponder sesuai kebutuhan, bisa ditambah atau edit transponder yang sudah ada.
  4. Pasang semua perangkat parabola, pokoknya sampai anda bisa melihat pergerakan kualitas sinyal.
  5. Lakukan tracking satelit seperti biasa, kendorin semua skrup terutama penyangga LNB.
  6. Kita tahu posisi satelit Belintersat 1 ada di 51. 5E, jadi posisikan parabola mendatar terlebih dahulu tidak perlu tracking dari atas ke barat.
  7. Angkat sedikit demi sedikit, sambil gerakin kanan kiri tapi pergerakannya pelan saja.
  8. Jika sudah ada kualitas sinyal, tinggal maksimalkan. Kalau belum ketemu ulangi lagi mencari satelit Belintersat 1 tersebut. Kalau sudah mentok tidak dapat juga, ganti dengan perangkat parabola yang lebih bagus dan lebih gede dishnya, dan juga kasih sekat di LNB

Sampai disini Satelit Indonesia kira semua bisa mendapatkan Belintersat 1 dengan mudah karena memang kualitas sinyal lumayan besar. Yang penting pastikan posisi parabola ke satelit Belintersat 1 tidak terhalang, perangkat parabola normal dan sabar. Selamat mencoba.

Cara Tracking Untuk Mencari Satelit Belintersat 1 Komentar

Badi Anjas Luwu Timur

kalau utk indonesia bagian barat mungkin mudah ya min?
tp kalau utk indonesia tengah & timur apa mungkin bisa?

26/05/17 10.57
Misnawaty Lala

Katanya banyak "anu" y min di sana..

26/05/17 13.09
Bowo Ekowidodo Sragen

Bisa saja asal tidak ada halangan kesatelitnya.

26/05/17 13.32
Anonim

Anonim

Ilang lagi hehehhe chanelnya

26/05/17 18.52
Bowo Ekowidodo Sragen

Mungkin ganti SR :p

30/05/17 11.52
SIGIT PAMUNGKAS

Yang baru frekuensi dan simbol rate

01/06/17 20.44
Bowo Ekowidodo Sragen

katanya sudah hilang.

02/06/17 20.07
gun fery

masih mau tracking udh kabur duluan.... :D

08/06/17 23.27
DEDEN GUE

Malam gan, saya Pakai dish bekas centrin dan sudah dapat chanel satelite di ninmedia tapi saya Mau cari chanel di satelite lain bisa nggak gan misalnya di satelite ses 7 Tapi utk 1 lnb Digabung, dan saya menggunakan receiver mmp lombok versi 4, mohon pencerahannya gan

05/12/17 01.04
Bowo Ekowidodo Sragen

Bisa saja satelit lain, kalau cuman 1 LNB ya harus ngubah posisi parabolanya.

05/12/17 08.47