Satelit Indonesia - Cara Menggabungkan Ninmedia Dan Ses 9 di Satu Parabola

Cara Menggabungkan Ninmedia Dan Ses 9 di Satu Parabola

Satelit Indonesia update bagaimana cara sepiring berdua ninmedia dan ses 9 tracking lebih mudah. Sebelumnya kita sudah membahas bagaimana cara mencari satelit ses 9 ku band, untuk kali ini kita akan meningkatkan kesulitan dengan menggabungkan ninmedia dan ses 9 dalam 1 dish parabola dan keduanya sama sama memakai jalur ku band.

Sebenarnya dulu sempat ramai cara menghubungkan tv desa (ses9) dengan ninmedia (chinasat 11) disaat SES 9 ada MNC group dan Ninmedia belum ada. Namun karena menghilang dan channel tinggal sedikit dan berganti ganti maka cara gabungin ninmedia dan ses 9 ini sempat memudar. Dan kini cara gabung ninmedia dengan ses 9 kembali ramai karena kehadiran Matrix Garuda KU apalagi memberikan trial diawal kemunculan.

cara sepiring berdua ninmedia dan ses 9 parabola

Cara tracking ninmedia dan ses 9 sebenarnya sama saja dengan tracking satelit lain. Malah sama saja dengan cara menggabungkan ninmedia dan SMV TV tetapi berbeda arah parabolanya karena keduanya berposisi berbeda. Namun untuk proses sama saja, bagi yang butuh cara menggabungkan ninmedia dan ses 9 silahkan lakukan langkah langkah berikut.

  • Masukkan transponder Ninmedia dan SES9 di receiver yang digunakan untuk tracking.
  • Jika semua sudah siap, pasang parabola beserta receiver dan monitor untuk lihat sinyal
  • Untuk instalasi kabel usahakan tidak lewat diseqc tapi langsung dari LNB ke receiver.
  • Perhatikan posisi kita saat tracking, hal ini untuk menentukan arah parabola. Ninmedia di 98BT dan SES 9 di 108. 2BT.
  • Untuk posisi di antara 98 sampai 108. 2 BT maka disarankan dish menghadap ke katulistiwa. Misal di Jakarta yang ada di kisaran 106BT, 6LS , karena lintang selatan maka dish menghadap utara, kalau ingin keduanya lebih maksimal bisa diambil diantaranya maka ke utara agak ke barat dikit.
  • Pasang LNB berserta kabel dan lock lebih dulu SES9, posisi ada di barat tiang LNB dikit saja dengan konektor vertikal, cari sinyal yang maksimal.
  • Jika sudah ketemu kencangin dan tracking ninmedia di chinasat 11. Posisi LNB ada di timur tiang LNB, tidak terlalu jauh. Konektor LNB sama , vertikal. Cari sinyal yang paling maksimal dan kencangkan.
  • Untuk pencarian sinyal bisa dengan memegang LNB dengan tangan langsung dan di gerak gerakkan. Baru pasang bracket.
  • Berbeda lagi jika posisi ada di luar 98 sampai 108. 2 BT apalagi yang jauh jaraknya. Untuk posisi arah dish dan LNB bisa saja berbeda, contoh saja di Papua akan sulit kalau arahnya ke utara. Misalnya Jayapura posisi di 140BT, 2. 5 LS maka dish akan menghadap ke barat.
  • Karena dish parabola menghadap barat maka konektor LNB arah mendatar. Tracking lebih dulu yang barat yaitu Ninmedia di chinasat 11 sebagai fokus sampai ketemu. Jika sudah maksimal, posisi LNB untuk SES 9 ada di bawah LNB Ninmedia, cari sampai maksimal.
  • Tinggal maksimalkan dengan memutar LNB.
  • Setting pengaturan antena kedua satelit, terutama di bagian frekuensi LNB dan port Diseqc. Kita tidak pakai switch 22K namun disarankan minimal Diseqc 4x1 walaupun pakai Diseqc 2x1 juga bisa.
  • Lakukan blind scan masing masing satelit atau bersamaan kalau memang receivernya support scan multi satelit, dan kalau sudah ketemu berarti pekerjaan sudah selesai.

Sampai disini semoga semakin paham menentukan arah dish parabola dan penempatan LNB ku band di dish off set. Jadi kadang walau satu daerah belum tentu cara pasang dish dan LNB sama, pengalaman dan pengetahuan cara baca posisi sangat menentukan. Jadi mungkin cara menggabungkan ninmedia dan ses 9 ini bisa saja dianggap berbeda dengan yang lain contoh saja di Jakarta bisa saja menghadap barat atau malah ketimur sampai tengadah kelangit namun jika di Papua menghadap timur itu orang kurang kerjaan. Tapi intinya semua itu sama, yaitu untuk mendapatkan sinyal yang sama sama maksimal.

Cara Menggabungkan Ninmedia Dan Ses 9 di Satu Parabola Komentar

Anonim

Anonim

Pak reciver2 yg mahal2 blm ada jaminan bs sinkron di ninmedia ya,
Syarat sebuah reciever yg bs sinkron ninmedia itu apa ya pak misal chip nya minimal hrs merk xxx dll

29/09/18 20.20