Satelit Indonesia - Cara Memperbaiki Error No Match File Boot Logo Sun Plus

Cara Memperbaiki Error No Match File Boot Logo Sun Plus

Satelit Indonesia update bagaimana cara memperbaiki error setelah oprek firmware sun plus untuk mengganti boot logonya. Sebenarnya kalau sudah bisa hard flash proses ini bisa di lewati, namun untuk yang ingin berbagi hasil edit firmwarenya jelas akan mengalami masalah karena file firmware hasil edit belum sempurna. Untuk kali ini kita bahas langkah selajutnya untuk menyempurnakan firmware.

Secara sederhana firmware Sun Plus terbagi menjadi 3 yaitu Loader dan SPHEdan user data. Untuk ganti boot logo sun plus dan beberapa properti lain biasanya di bagian SPHE. Dan untuk kevalidan firmware biasanya ada checksum Table dan Len nya. Untuk menyederhanakan proses maka kita pakai tools Sun Plus Info, jadi kita pakai firmware yang disupport dulu.

Cara Mengatasi Error No Match File Boot Logo Sun Plus

Oh ya maaf sebelumnya untuk kali ini berubah firmwarenya ke Getmecom 8MB karena receiver Skybox A5 saya mengalami masalah panel yang tidak nyala. Pada proses kali ini kita akan bekerja di hex editor dan sun plus info buat mempermudah langkah langkahperbaikan masalah No Match File.

  • Buka firmware sunplus yang belum di edit menggunakan Sunplus Info
  • Lihat bagian SPHE terutama bagian CRC32 Table dan Len. Misalnya LEN 4D33ECE2 dan Table C8D57220
  • Kita sudah dapat 2 checksum, Buka sw sunplus yang belum di edit dengan hex editor.
  • Cari text hexa menggunakan keyword kode CRC tersebut secara terbalik. Misalnya E2EC334D dan 2078D5C8
  • Kalau sudah ketemu semua, simpan posisinya. Cari lagi teks SPHE di firmware.
  • Jika sudah ketemu, pada posisi atasnya, pilih sampai ketemu checksum kode yang sama dengan 4D33ECE2. Untuk metode checksumnya adalah CRC 32 untuk MPEG 2 dengan data sebagai berikut Bits 32, Truncated polynomial 4C11 DB7 dan Initial remainder FFFFFFFF kalau ada Final XOR isi 0.
  • Jika sudah ketemu, simpan posisi dan jarak pilih datanya kemudian lakukan yang sama dengan cheksum Table, dari posisi SPHE ke bawah sampai ketemu kode C8D57220
  • Hapalkan posisi dan jarak terpilih. Dari sini kita sudah sudah ketahui posisi dan jarak checksum CRC 32.
  • Lakukan hal sama di firmware yang sudah di edit, dengan mengganti checksum CRC 32 sesuai data yang diperoleh. Jangan lupa penulisannya terbalik.
  • Simpan firmware yang sudah di edit kode checksum CRC 32 nya. Dan cek dengan Sun Plus Info kalau OK berarti proses benar, namun kalau masih FAIL berarti masih ada yang salah, ulangi proses lagi sampai benar.
  • Jika sudah selesai semua coba upgradekan ke receiver. Apabila seperti yang diinginkan maka proses sudah selesai.

Sampai disini Satelit Indonesia berharap tidak ada yang bingung lagi dari cara mengganti boot logo hingga cara memperbaiki error No Match File di firmware sun plus, karena ini memang dasar dasarnya untuk oprek sw sun plus. Tinggal kita kembangkan untuk oprek yang lain sampai menemukan masalah dan sampai di selesaikan semua. Untuk yang tidak di support sun plus info maka lakukan hal yang sama, tinggal menyesuaikan struktur firmware sunplus tersebut.

Cara Memperbaiki Error No Match File Boot Logo Sun Plus Komentar