Satelit Indonesia - Cara Update Firmware Skybox A1 M1.45 Ke N9.69 Terbaru

Satelit Indonesia update cara upgrade receiver skybox A1 dengan mudah. Beberapa hari yang lalu Skybox A1 ada update firmware terbaru, dengan name id F160290 M1.45. Firmware terbaru Skybox A1 tersebut merupakan keluaran dari Skybox dan bisa dibilang ori.

Firmware Skybox M1. 45 memang berbeda dengan Firmware Kepnix F160291 M1.40, perbedaan mencolok pada support bahasa. Hal ini memang bisa dimaklumi karena Kepnix sesungguhnya bukan untuk dipasaran Indonesia dan kebetulan struktur dari firmware sama.

Kelebihan dari Firmware Skybox M1. 45 adalah support bahasa Indonesia. Namun sayang dengan kelebihan tersebut terdapat kekurangan yang sangat fatal. Dengan memakai Firmware Skybox M1. 45 terbaru, kita belum bisa beralih ke firmware lain dengan upgrade melalui menu upgrade USB.

Kesalahan fatal tersebut bertambah ketika ingin mencoba upgrade yang sama, akan mendapat pesan File Failed, apalagi dengan firmware lain versi Kepnix ataupun versi Skybox sebelumnya. Entah kesalahan murni kesalahan coding develophernya atau memang sengaja dibuat begitu biar tidak ada yang rubah firmware Skybox A1 lagi, mungkin karena memang mau lepas tangan support atau sengaja dengan tujuan tertentu kedepannya.

Cara Update Firmware Skybox M1.45 Ke N9.69 Terbaru

Untuk yang belum terlanjur upgrade ke Firmware Skybox M1.45, Satelit Indonesia sarankan jangan coba coba, sebelum ditemukan cara terbaik mengatasinya, namun kalau anda penasaran silahkan saja. Disini Satelit Indonesia akan memberikan cara mengganti Firmware Skybox M1.45 dengan Firmware lain melalui flashing Chip SPI.

Yang perlu disiapkan adalah Clip Chip IC Flash kalau ingin flasing tanpa mencopot IC, tapi kalau tidak punya ya harus copot IC. Langsung saja lakukan cara upgrade firmware skybox A1 dari firmware M1.45 Ke N9.69. Caranya adalah sebagai berikut

  1. Download firmware Skybox A1 N9.69 disini
  2. Buka casing Skybox A1.
  3. Perhatikan board dan cari IC SPI, biasanya Gigadevice : GD25Q32
  4. Lepaskan semua kabel, cabut konektornya USB, Display, Power
  5. Pasang penjepit chip IC SPI tersebut. Perhatikan letak kakinya, usahakan kabel yang ada warna merah atau yag beda di kaki 1 biar mempermudah pemasangan di konektor USB programmer.
  6. Tancapkan pinboard Clip Chip ke posisi dimana post USB buat 25 SPI flash
  7. Kunci pinboard agar tidak lepas
  8. Tancapkan USB programmer ke port USB komputer
  9. Lakukan cara flasing Chip SPI seperti yang pernah kita bahas sebelumnya
  10. Perhatikan saat mencari firmware, cari firmware Skybox A1 N9. 69 hasil download diatas, walau sebagian teknisi katanya harus pakai backup firmware SPI
  11. Jalankan proses seperti yang telah kita bahas dan semoga berhasil
  12. Jika sudah selesai langkah langkah flash chip IC tinggal mencoba
  13. Pasang kembali beberapa kabel yang dilepas dari board.

Sampai proses ini kalau tidak mengalami masalah maka anda sudah sukses, dan proses upgrade melalui USB bisa anda lakukan lagi. Kalau anda mengalami masalah silahkan diskusikan di komentar.

Cara Update Firmware Skybox A1 M1.45 Ke N9.69 Terbaru Komentar