Satelit Indonesia - Jenis Acakan TV Yang Bisa Dibuka

Jenis Acakan TV Yang Bisa Dibuka

Satelit Indonesia update jenis acakan siaran tv dan cara membukanya. Pengetahuan dasar diperlukan untuk membedakan jenis acakan tv parabola agar nantinya bisa diketahui bagaimana bertindak untuk membuka acakan tersebut, jadi tindakan yang dilakukan tidak salah kaprah.

Kita tahu jenis jenis acakan siaran tv sangat banyak, Satelit Indonesia sudah menyinggung sebagian, dan perkembangan acakan juga terus berlangsung dengan perkembangan teknologi. Mungkin saat ini jenis acakan bisa dibuka dan mungkin beberapa waktu kedepan teracak kembali karena adanya update algoritma, atau yang sekarang belum bisa dibuka mungkin kedepannya juga bisa dibuka.

Semakin majunya teknologi pengguna receiver satelit parabola semakin banyak dan main ingin mengerti tentang receivernya. Namun memang pengetahuan untuk cara mengetahui jenis acakan sangat terbatas apalagi jika hanya memakai receiver seadanya. Tapi sebenarnya kalau mau berusaha bisa dengan membeli DVBcard, lihat data online, atau receiver STB yang ada info jenis acakannya.

Banyak yang mencari receiver yang bisa membuka semua jenis acakan, mungkin beranggapan memang semua jenis acakan bisa dibuka. Namun ternyata jenis acakan yang bisa dibuka sekarang hanya beberapa saja. Kita membicarakan lokal Indonesia dan receiver FTA bukan receiver khusus untuk FTV seperti Raja Ampat, atau receiver TV berbayar.

Cara Merubah Boot Logo Getmecom HD5 Guoxin GX6605S

Sebenarnya apa saja jenis acakan tv yang bisa dibuka dengan mudah sekarang dan bagaimana cara membuka acakan tersebut. Kita akan bahas satu demi satu, kalau ada masukan, pembenaran dan penambahan informasi jenis acakan siaran tv dan cara membukanya silahkan diskusikan di komentar.

Biss

Biss atau Basic Interoperable Scrambling System merupakan jenis acakan yang umum dipakai. Jenis acakan biss ini dikembangkan oleh European Broadcasting Union. Terdapat 2 jenis Biss yaitu Biss-1 dan Biss E. Untuk receiver FTA menggunakan jenis acakan Biss-1, untuk Biss E biasanya digunakan untuk receiver khusus seperti IPM, ataupun receiver RCTI.

Conditional access ID atau CA ID untuk jenis acakan biss adalah 0x2600. Untuk diranah receiver tipe FTA yang support biss, biasanya menggunakan 12 digit atau 16 digit key hexa. Untuk bisa membuka siaran dengan acakan biss kita harus punya key nya yang biasa disebut Biss Key, jadi jangan sampai salah menyebut semua kode key acakan sebagai biss key. Biss Key ya untuk membuka jenis acakan biss bukan yang lain. Untuk mencari biss key metode yang digunakan hanya dari brute file ts, entah langsung brute atau memakai crypt 8.

PowerVU

Setelah biss key, diakhir tahun 2014 pembicaraan sudah dimulai untuk membuka powervu. Powervu dikembangkan oleh Scientific Atlanta dan kebanyakan dipakai oleh distributor konten. Di Indonesia powerVu terbuka kira kira Mei 2015, dan baru yang punya DVBcard yang bisa merasakan, dan pertama kali adalah channel di Asiasat 7.

CAID powerVu adalah 0x0E00. PowerVu sendiri di Indonesia mengenal 2 SBox yaitu primary table dan secondary table atau Asia provider, dimana keduanya hanya orang tertentu saja yang bisa bedakan. Untuk key PowerVU ada 2 macam juga, yaitu EMM Key dan ECM key, namun hanya ada beberapa orang saja yang mengerti beda dan kegunaannya. Terlihat sampai sekarang masih saja ada yang debat mengenai autoroll powervu.

Untuk bisa membuka jenis acakan PowerVu, di receiver sudah harus tertanam EMU atau module powervunya, ditambah dengan adanya ECM Key yang valid. Untuk proses autoroll memerlukan adanya EMM stream dan EMM key valid dengan UA yang tepat. Untuk memperoleh EMM key dan ECM key bisa brute dengan PowerVu Home Edition, kalau EMM stream tidak terkirim maka yang di brute adalah ECM stream raw nya.

Tandberg

Jenis acakan tandberg dibicarakan pertengahan Juni 2016. Jenis acakan tandberg atau director dikembangkan oleh Tandberg Television. Dan tidak beberapa lama di Indonesia pun bisa dinikmati melalui DVBcard dengan menambahkan module di vPlug, baru kemudian module di STB.

CAID tandberg adalah 0x1010. Untuk key tandberg terdiri dari 16 digit dan biasanya terakhir 00. Key tandberg ini sama dengan key powervu yaitu ECM Key tandberg, namun memang tidak ada EMM key seperti yang berlaku di PowerVu karena hanya modal decrypt EMM stream saja sudah bisa mendapatkan key nya. Dan fitur ini sudah disematkan di module STB, sehingga ada receiver autoroll tandberg.

Untuk bisa membuka channel acak tandberg, kita harus memiliki ECM key tandberg. Untuk mendapatkan ECM key tandberg, menggunakan POC dengan merecord EMM raw stream dan harus ada tabel 83h nya. Kalau tidak dapat EMM raw dengan table 83h maka tidak akan didapatkan ECM key nya. Sampai saat ini belum ada metode brute yang digunakan untuk mencari ECM key tandberg.

Jenis Acakan TV Yang Bisa Dibuka Komentar